Pulau Bali tidak hanya dikenal dengan pesona wisatanya saja tetapi juga kulinernya dan salah satu kuliner khas Bali yang cukup populer adalah Ayam Betutu. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali hanya untuk mencicipi masakan ini sebab anda bisa membuatnya sendiri. Kali ini kami akan membagikan Resep Ayam Betutu kepada anda. Bagi yang belum pernah merasakan kuliner khas Bali ini sedikit gambaran untuk anda Ayam Betutu menawarkan citarasa yang gurih dan pedas.

Resep Cara Membuat Ayam Betutu

Di dalam Resep Ayam Betutu yang kami berikan ini anda perlu menyiapkan bahan dan juga bumbu. Untuk bahan yang dibutuhkan dalam memasak Ayam Betutu ini mudah didapatkan karena bahan yang dibutuhkan berupa :
- Daging ayam, 
- 500 ml santan kelapa, 
- daun pisang secukupnya untuk membungkus dan minyak goreng. 

Anda juga perlu menyiapkan 
5 lembar daun jeruk, 
3 batang serai, 
10 siung bawang merah, 
6 siung bawang putih, 
kemiri, 
kunyit, 
kencur, 
1 sdt ketumbar, 
2 sdt terasi, 
½ sdt merica,
 cabai merah dan cabai rawit sesuai selera anda dan garam serta penyedap rasa secukupnya. 
Bagi pencinta rasa pedas bisa menambahkan jumlah cabai merah dan cabai rawit.

Langsung saja kita mulai membahas cara memasak Ayam Betutu

- Bersihkan daun pisang dengan serbet dan cucilah daging ayam sampai bersih lalu panggang daging ayam sampai ½ matang kemudian angkat dan sisihkan. 

- Haluskan juga bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, kunyit, kencur, ketumbar, merica, terasi dan garam sampai halus. 

- Iris juga batang serai sampai halus dan panaskan minyak lalu tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang. 

- Tambahkan santan kelapa, daun jeruk, irisan serai dan penyedap rasa sambil diaduk hingga rata. Masukkan daging ayam sambil diaduk dan masak sampai santan mengental lalu angkat dan bungkus daging ayam dengan daun pisang sambil dituangi dengan kuah bumbu lalu dipanggang dalam oven atau tungku sampai matang dan bewarna kecoklatan. Sekian informasi mengenai Resep Ayam Betutu.

0 comments:

Posting Komentar

 
Top